23/03/16

Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Getaran Dan Gelombang Melalui Pengunaan Metode Praktikum Dengan Bantuan Alat Sederhana Pada Siswa Kelas VIII.C MTs. Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015

                                                                                  ABSTRAK 

Penelitian perbaikan pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA konsep getaran dan gelombang melalui metode praktikum dengan bantuan alat sederhana. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.D MTs Negeri Slawi Kebupaten Tegal. Data penelitian perbaikan pembelajaran dikumpulkan melalui dua cara, yaitu observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan tes formatif di setiap akhir siklus. Data selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan metode induktif, deduktif dan komparatif serta deskriptif kuantitatif dengan rumus prosentse untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari prasiklus sampai siklus II. Dari hasil dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa metode praktikum dengan bantuan alat sederhana dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII.D MTs Negeri Slawi Kebupaten Tegal semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat secara signifikan. Demikian juga untuk hasil belajarnya, dari 35 siswa yang menjadi subjek penelitian, pada siklus I hanya 9 siswa (25,71%) yang tuntas secara individual, kemudian meningkat menjadi 29 siswa (82,86%). Sementara itu, rata-rata kelas yang dicapai pada siklus pertama hanya 73,51 dan meningkat menjadi 80,54 pada siklus kedua dengan KKM 80.

Kata Kunci: Praktikum, Aktivitas dan Hasil Belajar, Getaran dan Gelombang

0 komentar:

Posting Komentar