10/08/10

Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran

Secara sederhana inovasi dimaknai sebagai pembaruan atau perubahan yang ditandai adanya hal yang baru. Upaya untuk mencari hal yang baru itu, mungkin disebabkan oleh beberapa hal antara lain dalam upaya memecahkan masalah yang dihadapi seseorang atau kelompok.

Dengan demikian, sesuatu ide atau temuan yang baru atau perubahan baru tetapi kurang membawa dampak kepada upaya pemecahan masalah tidak dapat diklasifikasikan sebagai inovasi.

Inovasi sebagai suatu ide, gagasan, praktik atau obyek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. Oleh sebab itu, inovasi pada dasarnya merupakan pemikiran cemerlang yang bercirikan hal baru ataupun berupa praktik-praktik tertentu ataupun berupa produk dari suatu hasil olah-pikir dan olah-teknologi yang diterapkan melalui tahapan tertentu yang diyakini dan dimaksudkan untuk memecahkan persoalan yang timbul dan memperbaiki suatu kedaan tertentu ataupun proses tertentu yang terjadi di masyarakat. Dalam bidang pendidikan, misalnya, untuk memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi, telah banyak dilontarkan model-model inovasi dalam berbagai bidang antara lain : usaha pemerataan pendidikan, peningkatan mutu, peningkatan efisiensi dan efektifitas pendidikan, dan relevansi pendidikan. Kesemuanya dimaksudkan agar difusi inovasi yang dilakukan bisa diadopsi dan dimanfaatkan untuk perbaikan dan pemecahan persoalan pendidikan di Tanah Air. Beberapa contoh inovasi antara lain : program belajar jarak jauh, manajemen berbasis sekolah, pengajaran kelas rangkap, pembelajaran konstektual (contectual learning), pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (Pakem).

Dalam bidang pendidikan, banyak usaha yang dilakukan untuk kegiatan yang sifatnya pembaruan atau inovasi pendidikan. Inovasi yang terjadi dalam bidang pendidikan tersebut, antara lain dalam hal manajemen pendidikan, metodologi pengajaran, media, sumber belajar, pelatihan guru, implementasi kurikulum, dsb.
Dalam modul ini, akan dibahas tiga kegiatan belajar, yaitu: (i) Pengertian Inovasi, Difusi Inovasi Pendidikan, dan Faktor yang Mempengaruhinya; (ii) Ciri Inovasi Pendidikan dan Proses Pengembangannya; (iii) Konstribusi Inovasi Pendidikan dan Hambatan dalam Adopsi Inovasi Pendidikan.

Tujuan pembelajaran umum yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami berbagai konsep teori tentang inovasi dan difusi inovasi serta faktor-faktor yang mempengaruhinya guna diaplikasikan dalam garapan pendidikan.
Secara lebih khusus, dengan mempelajari secara seksama kegiatan belajar ini, diharapkan para mahasiswa dapat :
1. mengidentifikasi unsur dan ciri inovasi pendidikan;
2. menganalisis adopsi dan proses pengembangan inovasi pendidikan
3. menganalisis konstribusi inovasi pendidikan di Indonesia

Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda seyogyanya membaca uraian dengan cermat, mengerjakan tugas tugas serta mendiskusikannya dengan teman, serta mengerjakan tes formatif untuk menguji tingkat penguasaan Anda. Hal yang harus diperhatikan adalah kedisiplinan Anda dalam membaca uraian dan mengerjakan tugas-tugas yang terintegrasi dalam uraian akan sangat membantu keberhasilan Anda dalam memahami bahan ini secara keseluruhan. Selamat belajar!
Sumber: Makalah, oleh:Dinn Wahyudin dan Rudi Susilana

0 komentar:

Posting Komentar