02/05/11

Program Kesiswaan

Berikut ini disajikan program kesiswaan yang dilaksanakan di MTs. Negeri Slawi dalam upaya mencapai tujuan pendidikan madrasah. Program-program tersebut antara lain:
1. Membangun dan mengembangkan kecakapan hidup (Life Skill) yang bersandar pada akhlaqul karimah, yang meliputi:
§ Kecakapan mengenal diri (Personal Skill) melalui penghayatan diri sebagai makhluk Allah SWT.
§ Kecakapan berpikir rasional (Thinking Skill) untuk menggali dan menemukan informasi,
§ mengolah informasi dan mengambil keputusan, sehingga dapat memecahkan masalah secara kreatif dan bijaksana.
§ Kecakapan sosial (Social Skill) melalui penghayatan diri sebagai anggota masyarakat dan warga negara dengan cara membangun demokrasi dalam kelas di lingkungan madrasah.

§ Kecakapan akademik (Academic Skill) dengan cara membangun kemampuan berpikir ilmiah melalui kegiatan, wawancara, observasi dan pelaksanaan penelitian sederhana.
§ Kecakapan vokasional/kejuruan (Vocational Skill) melalui kegiatan pengenalan dan pengembangan teknologi dan keterampilan dasar untuk memberi bekal hidup di masa yang akan datang.

2. Upaya-Upaya Yang Ditempuh Dalam Mencapai Tujuan:

Bagi Siswa:
a. Mengefektifkan dan mengefisiensikan kegiatan pembelajaran.
b. Pemberian penghargaan bagi siswa-siswi berprestasi
c. Bimbingan intensif dalam kegiatan belajar dan kegiatan praktikum, mata pelajaran Agama dan mata pelajaran umum.
d. Pemantauan dan pelaporan secara rutin oleh wali kelas, guru mapel dan guru BK tentang kendala kegiatan belajar dan prestasi siswa-siswi.
e. Memenuhi sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) meliputi: perpustakaan, lapangan olah raga, musholla, atal-alat peraga yang dapat menunjang KBM, multi-media, laboratorium IPA, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, ruang keterampilan menjahit dan moving class.


f. Pendalaman materi, melalui kegiatan les untuk mapel: Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, dari kelas VII sampai dengan kelas IX
g. Mengintensifkan bimbingan kelas dan bimbingan individu siswa oleh wali kelas dan guru BK, berkoordinasi dengan semua guru mata pelajaran dan orang tua/wali murid, melalui home visit siswa-siswi bermasalah.
h. Mengintensifkan pembinaan siswa-siswi dalam kegiatan Ekstrakurikuler: Marching Band, Pramuka, PKS, PMR/UKS, beladiri, keterampilan
i. komputer, menjahit, BTQ/Qiraah dan berbagai cabang Olah-raga.
j. Mengikut-sertakan siswa-siswi dalam berbagai lomba: olah raga, Pramuka, PMR, PORKAB, POPDA, olimpiade matematika/sains, CCQ, dan karya ilmiah remaja dalam upaya memberikan pengalaman.
k. Mengikut-sertakan siswa-siswi dalam kegiatan keagamaan: Sholat dluhur berjamaah, HAB Depag, Tahun Baru Hijriyah, Maulid Nabi, pesantren kilat romadhon, istighosah, Iedul Qurban dan lain sebagainya.
l. Memberikan bea siswa, bebas uang syahriah dan jariyah bagi siswa-siswi berprestasi, dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.

0 komentar:

Posting Komentar